My photo
Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
tak serupa, tak sempurna, tetap begitu sampai kapanpun

Sunday, September 4, 2011

manusia lagi yang jadi subjek, mungkin karena ini juga tulisan manusia. tapi kali ini temanya (halah, tak perlulah pake tema2an segala). langsung aja. aku kepikiran tentang, begini ceritanya.
jadi, kalo dari segi materi orang biasanya ada 2 macam. orang kaya sama miskin. biar nyambung bacaya, kita pake persepsi aku saja. orang kaya, hampir tidak berkekurangan, makan enak, tidur nyenyak, keluarga bahagia, pokoknya mau apa juga ada. masuk ke kategori orang kaya yaitu orang yang berkecukupan, pokoknya cukuplah kalo dia atau keluarganya mau apa2. satunya orang miskin, tak perlu diceritakan detilnya udah pada paham semua.

orang kaya sama orang miskin itu biasanya punya anak. kalo orang udah punya anak, mau dia kaya atau miskin pasti berharap anaknya bener, sukses, atau apalah yang bagus2. memang ada yang tak begitu peduli sama anaknya, kali ini kita gak ngebahas orang itu.
terlepas dari masa lalunya, mau dia mantan orang miskin, mantan orang kaya, udah kaya dari sononya atau seumur2 emang melarat. yang mantan oarng miskin (sekarang udah jadi kaya), berharap anaknya sukses biar gak ngerasain apa yang dia pernah rasain dulu. kalo emang udah kaya dari sononya, cukup berharap anaknya gak bikin malu keluarga aja. buat yang mantan orang kaya, dia pasti tau betul kalo anaknya harus sukses lebih dari apapun. buat yang melarat seumur2, cukuplah biar dia aja yang ngerasain pahit getirnya hidup ini.
NAH.. si anak gimana? emang, apapun yang dirasain orang tua si anak gak pernah tau. kalo dia ngerasa hidupnya udah enak, gak pernah kepikiran gimana susahnya orang tua bikin hidupnya jadi berasa enak. kalo dia hidupnya susah, salah orang tua itu sampai2 hidupnya jadi ikutan susah. tapi, orang yang lahir miskin itu kesalahan orang tuanya, kalo sampe gede masih miskin, itu murni kesalahan dia..

No comments:

Post a Comment